TELAAH RESUME PELAMAR YANG SUKSES MENDAPATKAN PEKERJAAN

Sebagai media yang menjembatani pertemuan antara perusahaan penyedia lowongan dan pencari kerja di Indonesia, kami mendapatkan banyak pengalaman menarik dan masukan yang berharga dari kedua belah pihak. Beberapa diantaranya mungkin perlu Anda cermati.
Apa Isi Resume Kandidat Yang Sukses Mendapatkan Pekerjaan?Ada kandidat yang begitu mudah mendapatkan pekerjaan melalui karir.com, bahkan sampai lebih dari sekali. Tentu ada yang membedakan dia dari kandidat lainnya. Berikut ini adalah hasil investigasi kami terhadap hal-hal yang memungkinkan untuk kami pantau di karir.com :

Resumenya lengkap dan menarikKandidat-kandidat yang sudah lebih dari sekali diterima kerja melalui karir.com, ternyata resumenya memang lengkap dan menarik. Semua ruang yang disediakan oleh karir.com, digunakan secara maksimal untuk memberikan informasi tentang kualifikasi dirinya. Jadi, pada kolom Pengalaman Bekerja, deskripsi pekerjaannya diuraikan dengan singkat dan jelas (menggunakan bullet points). Begitu pula kolom Informasi Tambahan diisi dengan hal-hal yang positif tentang dirinya seperti misalnya : sertifikat yang dimiliki, penguasaan tentang standar ISO tertentu, bahasa asing yang dikuasai, tipe kepribadian, prestasi yang pernah dicapai dan sebagainya.

Pengalaman kerjanya solid, fokus di satu bidang dan sesuai dengan posisi yang dilamar.
Semua informasi yang dicantumkan pada resume sesuai/mendukung posisi yang dilamar. Misalnya : isi pada kolom Fungsi Kerja dan Industri yang Diinginkan, benar-benar sesuai dengan perusahaan yang dituju dan posisi yang dilamar.

Saran kami berdasarkan masukan dari HRD/Rekruter :

1. Banyak HRD/rekruter mengalami kesulitan dalam menentukan kandidat mana yang layak untuk diproses lebih lanjut, khususnya ketika meneliti resume lulusan baru. Kebanyakan, informasi yang disajikan di resume sangatlah minim. Padahal pada tahap awal, resume adalah satu-satunya bahan dasar HRD dalam menentukan pilihan. Jadi, sekali lagi ini tentang RESUME. Jangan memberikan informasi yang terlalu sedikit. Jangan kehabisan akal dalam membuat dan mengisi resume di karir.com. Beri mereka alasan untuk memanggil Anda!

2. Bila Anda belum pernah bekerja, kolom pengalaman bekerja bisa diisi dengan pengalaman magang atau praktikum lengkap dengan deskripsi tugas Anda

3. Informasi Tambahan, bisa diisi dengan keterampilan yang Anda kuasai, pengalaman berorganisasi, sertifikat yang dimiliki atau prestasi yang pernah dicapai, misalnya IPK yang tinggi, pemenang dari kejuaraan tertentu dan lainnya.

4. Pastikan bahwa semua informasi yang Anda masukkan di resume tidak bertentangan dengan posisi yang dilamar. Contoh yang bertentangan misalnya : Anda melamar sebagai Marketing Staff di perusahaan manufaktur, tetapi di kolom Fungsi Kerja yang Diinginkan, Anda mengisi : Tour Guide, Customer Service dan Penyiar TV/Radio. Lalu pada kolom Industri yang Diinginkan, Anda mengisi : Biro Wisata, Telekomunikasi dan TV/Radio. Jadi evaluasi dan bila perlu modifikasikan resume Anda terlebih dahulu, tiap kali Anda hendak melamar suatu pekerjaan.

(sumber : www.karir.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: